Ini Jadinya Kalau Kamu Rutin Jalan Kaki 10.000 Langkah per Hari

Rutin berjalan kaki setiap hari ternyata dapat memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan kamu, baik secara fisik dan mental.

Semakin banyak jumlah langkah kaki, maka semakin besar juga manfaat yang bakal kamu dapatkan.

Belakangan ini, banyak orang yang memulai gaya hidup sehat dengan melakukan jalan kaki 10.000 langkah.

Nah, ternyata dengan berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah terbukti dapat menyehatkan jantung, menguatkan otot dan tulang, serta bisa menurunkan risiko kematiin dini loh!

Buat kamu yang hobinya ngunyah alias makan-makan, berjalan kaki 10.000 langkah bakal membakar kalori sehingga berat badan kamu akan tetap stabil atau bahkan berkurang.

Meskipun ada beberapa faktor yang memengaruhi banyaknya kalori tersebut terbakar, seperti kecepatan, jarak berjalan, jalur yang dilalui, dan berat badan.

Melansir dari tempo.co, berjalan kaki juga akan membuat kamu lebih berenergi dan memiliki pola pikir yang lebih baik di hari itu.

Pasalnya, jalan kaki yang dilakukan dapat meningkatkan hormon bahagia dan menurunkan hormon stres di dalam tubuh sehingga risiko cemas, depresi, dan suasana hati yang negatif bisa berkurang. Dan otak akan mendapatkan oksigen yang cukup sehingga Anda bisa berpikir lebih jernih dan lebih kreatif.

“Memiliki jadwal jalan kaki yang teratur sangat bagus untuk kesehatan, dan saya tidak hanya berbicara tentang fisik, tetapi juga kesehatan mental. Ada perasaan pencapaian dengan membakar kalori, dapat menurunkan stres harian, dan Anda membiarkan tubuh mengeluarkan endorfin alami yang merupakan hormon ‘perasaan baik’,” ucap Amy Lee, Kepala Nutrisi Nucific, dikutip dari Tempo.co.

Dengan berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah, kamu bakal membantu tubuh untuk menyeimbangkan kadar gula darah.

Manfaat yang sama juga akan didapatkan meskipun kamu belum mampu untuk berjalan kaki sebanyak 10.000 langkah setiap harinya.

Di saat yang sama, kamu juga bakal mengurangi nyeri di tubuh kamu khususnya di area lutut dan panggul.

Gerakan jalan kaki yang dilakukan dapat melumasi dan menguatkan otot yang berada di sekitar sendi sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Menjadikan jalan kaki sebanyak 10.000 langkah per harinya akan membuat badan kamu jadi lebih kebal dari berbagai penyakit. Karena sistem imun tubuh kamu akan meningkat dan menurunkan terjadinya risiko terkena flu atau pilek.

Bahkan, berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 hingga 45 menit sudah terbukti dapat mengurangi frekuensi sakit yang dialami dan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum.

Berjalan kaki secara rutin setiap hari dapat membuat tubuh lebih berenergi dan manfaatnya lebih besar jika dibandingkan kamu minum kopi.

Pasalnya, jalan kaki bakal mendukung kelancaran peredaran darah, termasuk ke area tubuh yang sakit atau nyeri.

Nah, meskipun memiliki manfaat yang besar, buat kamu yang jarang berolahraga harus memulai berjalan kaki dengan intensitas yang rendah dulu dan meningkatkannya secara bertahap supaya kamu terhindar dari cedera.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts