Bolehkah Pakai Makeup Saat Olahraga?

Ilustrasi Makeup saat olahraga

Siapa dari kamu yang mau olahraga harus makeup dulu?

Hal ini wajar aja sih karena kamu pengen selalu terlihat menawan dalam berbagai kesempatan tak terkecuali olahraga.

Jadi gak heran kalau ada beberapa di antaranya yang memilih mengenakan makeup bergaya natural agar gak terlalu kucel. Belum lagi kalau kamu pengen update story di Instagram. Bener gak nih?

Terdapat sebuah survei dari ZAP Beauty Index and MEN/O/LOGY Index 2024, yang menunjukkan bahwa 89,4 persen dari 9.000 perempuan Indonesia yang menjadi responden, melakukan dress up dan makeup saat berolahraga.

Tapi sebenarnya boleh nggak sih pakai make up saat olahraga? Apakah kebiasaan ini mendatangkan risiko pada kulit? Berikut penjelasan para ahli.

Menurut pakar dermatologi yang sekaligus Co-founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, SpKK(K), FINSDV, FAADV, menggunakan makeup saat berolahraga masih boleh dilakukan.

Meski diperbolehkan tetap ada hal yang mesti diperhatikan dalam penggunaannya ya.

“Sebenarnya kalau mau olahraga pakai makeup itu kan tujuannya biar kelihatan bagus gitu, ya. Cari makeup yang jangan terlalu berat. Pakai (makeup) jangan yang terlalu berat, jadi enggak menyumbat pori-pori,” kata Endi.

Meski begitu, Endi menyarankan buat perempuan yang sering memakai makeup saat olahraga untuk mengurangi kebiasaan itu.

Karena kalau dilakukan terus-menerus kebiasaan ini kurang baik untuk kesehatan kulit kamu, apalagi kalau kamu menggunakan makeup yang tergolong berat dan bisa menyumbat pori-pori.

Padahal, ketika olahraga, produksi keringat akan lebih banyak dan keluar dari pori-pori, termasuk di area wajah.

Nantinya makeup akan bercampur dengan minyak dan keringat, yang bisa membuat kulit tersumbat dan mencegah pori-pori melepaskan keringat.

Ketika berolahraga, pori-pori dan kelenjar keringat terbuka guna mendinginkan tubuh, sedangkan jika memakai riasan, pori-pori dan kelenjar akan tersumbat, sehingga menyulitkan kemampuan kulit untuk bernapas, yang pada akhirnya dapat menyebabkan munculnya jerawat, komedo, dan iritasi kulit.

“Lebih baik jangan (dilakukan) sering-sering. Kalau sekarang kan sudah banyak perempuan yang PD (percaya diri) untuk tampil tanpa makeup, nah sebaiknya memang begitu. Jadi yang penting kulitnya sehat dulu,” lanjut Endi.

Dalam kesempatan yang sama, Endi juga mengingatkan agar semua orang untuk menggunakan sunscreen ketika beraktivitas, meskipun di dalam ruangan.

“Yang penting sunscreen tetap dipakai, karena walaupun di dalam ruangan, sinar UV (ultraviolet) tetap masuk,” pungkas Endi.

Sumber lainnya mengatakan kalau menggunakan makeup boleh-boleh aja kok dengan catatan digunakan secukupnya dan cukup fokuskan makeup pada dua area wajah aja.

Dermatologist Dr. Ava Shamban yang berbasis di Beverly Hills menyarankan untuk memfokuskan riasan pada area alis dengan merapikan rambut-rambut alis yang berantakan lalu menyikatnya dengan sikat alis.

Kamu juga bisa menggunakan pensil alis atau eyebrow powder namun sebaiknya digunakan setipis mungkin.

Selain itu, bisa juga mengoleskan lip tint warna pink atau merah cherry agar wajah tidak pucat. Lip tint lebih disarankan saat olahraga karena teksturnya seperti air, ringan di bibir, juga tahan lama.

Dan ada baiknya kamu gak perlu menggunakan pelembab karena tidak akan terserap oleh kulit saat keluarnya keringat.

Tapi jika berolahraga di luar ruangan, sangat dianjurkan menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari biar kulit kamu gak gosong.

Nah, sekarang udah pada tau kan tipsnya biar bisa tetap berolahraga plus tampil menawan, jangan lupa berolahraga supaya badan kamu fit terus ya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts